MENGENAL JENIS KULIT

 

Kulit merupakan organ tubuh terluar yang kita miliki. Yang membatasi organ tubuh kita dengan dunia luar. Yang melindunginya dari gangguan factor eksternal tubuh kita. Karenanya peranan kulit sangatlah penting. Dan menjadi sebuah keharusan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Namun untuk melakukan perawatan terhadap kulit kita, maka terlabih dahulu kita harus mengenal jenis kulit kita. Karena penanganan terhadap setiap jenis kulit tidak bisa disama ratakan. Setiap jenis kulit memiliki kebutuhannya masing-masing. Yang tentu saja sangat berlainan satu sama lain.

Ada beberapa jenis kulit yang umum kita kenal. Yakni : jenis kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit sensitif dan kulit normal. Sekali pun jenis kulit yang kita miliki erat kaitannya dengan factor genetic, namun bisa juga keadaan kulit kita tersebut terjadi akibat penanganan yang kurang tepat. Misalnya, jenis kulit kering yang dikarenakan terlalu sering menggunakan sabun antiseptic.

Kulit Kering
Kulit kering biasanya dimiliki oleh mereka yang memiliki bakat alergi. Dengan gejala yang sering tampak adalah : kulit tampak kusam karena sering mengalami dehidrasi kulit; jika digores akan tampak bekas putih yang menandakan kulit bersisik; terkadang pada sebagian orang akan terlihat ada belang putih dan coklat; serta cepat timbul garis-garis keriput.

Kulit Berminyak
Jenis kulit ini biasanya memiliki pori-pori kulit yang besar-besar seperti kulit jeruk. Sehingga minyak kulit kita menjadi mudah keluar. Membuat kulit kelihatan lengket dan riasan mudah luntur. Jika kulit tidak senantiasa bersih, maka akan menimbulkan jerawat.

Gejala yang dapat dikenali adalah : kulit terasa sangat lengket; tampak begitu berminyak; adanya banyak komedo (bisa sampai menghitam); timbul jerawat bernanah sebagai akibat jerawat sering dipencet; serta nampak noda kecoklatan di dalam kulit akibat pigmen yang tertimbun di lapisan kulit jangat.

Kulit Kombinasi
Secara umum dapat dilihat bahwa jenis kulit ini tampaknya lembut dan tidak keriput. Namun di daerah T, yaitu sekitar dahi-hidung-dagu akan terlihat sedikit berminyak. Terkadang muncul jerawat atau komedo yang berupa bintil putih di dagu dan bintil hitam di hidung.. Pori-pori juga agak besar.

Kulit Sensitif
Jenis kulit ini sangat peka terhadap rangsangan factor luar. Misalnya perubahan cuaca bisa mengakibatkan kulitnya pecah-pecah, memerah dan perih. Kesalahan penggunaan kosmetik akan memperparah kondisi kulit tersebut. Biasanya jenis kulit ini memang telah memiliki riwayat alergi.

Kulit Normal
Merupakan dambaan setiap orang memiliki jenis kulit normal dan tidak bermasalah. Keadaan kulit dengan jenis ini sangat ideal, tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak pula. Pori-porinya halus, tampak begitu lembut dan kenyal. Tanpa riasan sekali pun, kulit ini sudah terlihat indah.

Nah, dari sekian jenis kulit di atas, manakah yang paling mendekati dengan keadaan jenis kulit anda ?

20 Comments

  1. arba7k said,

    March 19, 2008 at 11:33 am

    hiiiii

  2. euis maslihat said,

    October 22, 2008 at 7:45 am

    hallo kulit saya berminyak dan mudah merah kalo kena sinar matahari atau kecapean gimana ya cara mengatasinya

  3. HawwakuSpa said,

    October 23, 2008 at 1:00 pm

    Hallo juga Euis…

    klo baca dari ceritamu, kulit kamu termasuk kulit yang bermasalah dan sensitive. kamu harus berhati-hati dalam merawatnya, jangan sembarangan pakai kosmetik yang tidak jelas kandungannya. klo boleh tau, kmu pakai produk whitening y? semua produk whitening itu bersifat Bleaching (mengelupas). setiapkali kmu pakai cream pemutih, kulit yang sebenarnya blom waktunya utk dikikis akan terkikis dengan sendirinya. Nah kulit Ari yang dibawahnya akan dipaksa untuk menghadapi sinar matahari yang panas. karena itu kita bisa putih dalam sekejap, tp apa efek sampingnya? kulit kita jd bermasalah dan sakit kan?

    Apakah putih itu identik dengan cantik?! mskp tidak seberapa putih tp klo kita merawatnya dengan benar pasti akan terlihat bersih, sehat dan kecantikan itu akan terpancar dengan sendirinya.seperti motto kami ‘Cantiklah sebagai dirimu’

    coba lakukan perawatan dengan menggunakan masker kopi seminggu sekali, karena kandungan didalam kopi bagus bgt untuk mengatasi kulit yang bermasalah seperti kulit kamu.
    sedangkan untuk perawatan sehari-harinya, coba pakai Sabun wajah Madu&Jinten hitam. kombinasi keduanya akan membantu menghilangkan iritasi atau alergi pada kulitmu akibat kosmetik tersebut.

    Selamat Mencoba y, mudah-mudahn berhasil…

  4. iCHa said,

    March 20, 2009 at 1:01 pm

    ass….saya remaja berusia 17 tahun,saya mengalami masalah pada kulit saya yang gampamg sekali berminyak bagaimana cara mengatasi kelebihan minyak pada wajah saya???dan pori-pori saya juga besar-besar,bagaimana cara mengatasinya m??
    terima kasih sebelumnya

    wass…

    iCHa
    nca_emm@yahoo.co.id

  5. maya said,

    March 20, 2009 at 1:05 pm

    ass…
    muka saya gampang sekali berjerawat..bagaimana cara mengurangi jumlah jerawat pada wajah saya??
    agar tidak bertambah banyak karena sudah tidak ada lagi tempat di wajah saya???
    terima kasih sebelumnya

  6. HawwakuSpa said,

    March 20, 2009 at 3:58 pm

    Buat Dek Icha :

    Coba kamu baca artikel saya berjudul ‘Sebel Jerawat di Punggung’.
    Di situ saya membahas mengenai tips2 untuk kulit berminyak.
    Semoga bermanfaat dan makasih sudah mampir ke blog ini.
    Sering2 mampir lagi yah.

    Salam…

  7. HawwakuSpa said,

    March 20, 2009 at 4:14 pm

    Buat Mbak Maya :

    Jerawatnya meradang tidak?
    Coba deh jangan pernah dipencet yah.
    Tapi cukup dioles bawang putih segar.
    Caranya gini : Ambil satu siung bawang putih segar, kupas lalu cacah. trus tempel2in di jerawatnya. Nanti jerawat itu lama-kelamaan akan meletus sendiri. Dan Mbak Maya tinggal kasi obat anti radang. Kalo sudah kering luka jerawatnya, coba pake masker kentang yang diparut halus dan dilumurkan ke wajah. Gunakan setiap hari sampai bekasnya menipis.

    Sementara itu untuk regenerasi sel2 kulitnya lagi, bisa gunakan produk HawwakuSPA yang Masker Wajah SPIRULLINA yang memang sangat bagus untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak. Lihat aturan pakai di kemasannya.

    Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

  8. fhytrha said,

    March 22, 2009 at 8:22 am

    ass
    mbk…Saya cewek berusia 17 tahun kulit lengan dan betis saya banyak skali flek hitam akibat bekas alergi gimana ya mba cara menghilangkanya,sebelumnya trimakasih

  9. HawwakuSpa said,

    March 23, 2009 at 7:16 am

    Dek Fhytrha…

    Untuk mengatasi masalah adek, mestinya yang terpenting adalah mengenali apa pencetus alergi itu dan kemudian menghindarinya. Karena walau pun kulit diobati tapi kalo alergi itu terus kambuh, yaa sama juga bo’ong kan…
    Setelah adek bisa menjaga untuk meminimalisir alerginya barulah kita coba menghilangkan bekas2nya.

    Sebelumnya saya ingatkan bahwa jika bekas2 luka itu sudah mengering dan lama, tentu akan sulit hilang. Tapi jika masih baru akan lebih mudah.
    Caranya : Ambil 1 buah jagung segar mentah. Parut halus dan oleskan di bekas2 luka alerginya. Biarkan mengering, lalu bilas.
    Lakukan tiap hari terus sampai bekas2nya hilang.

    Selamat mencoba, semoga bermanfaat !
    Mampir2 lagi yah…

  10. shyzy said,

    June 15, 2009 at 5:02 am

    ass.
    Gini mbak,menurut jenis kulit yang saya baca diatas,jenis kulit wajah saya itu termasuk kulit kombinasi, saya mau tanya mbak kira2 pembersih yang cocok untuk wajah saya apa yah? pembersih muka untuk kulit berminyak atau pembersih muka untuk kulit kering?

  11. HawwakuSpa said,

    June 16, 2009 at 6:28 am

    lebih aman pake produk2 yang memang khusus untuk jenis kulit kombinasi. banyak kok di pasaran. atau setidaknya pake saja pembersih yang untuk kulit berminyak. tapi setelah itu langsung aplikasikan pelembab untuk kulit kering.

  12. mohamed said,

    October 5, 2009 at 2:26 pm

    http://www.3arabfox.com

  13. January 25, 2010 at 3:55 am

    [...] Januari 25, 2010 megaayuhikmahkarunia MENGENAL JENIS KULIT [...]

  14. Sarah said,

    May 20, 2010 at 2:57 pm

    ass mbak..

    sya remaja berumur 16 tahun. sepertinya kulit sya termasuk kulit berinyak. selain itu, juga bnyak komedo di areal hidung dan dagu. kira2 pembersih wajah apa ya, yg cocok bwt wajah sya? trus, sya jga mw tnya. bedanya kandungan pda pembersih, pemutih, pelembab, pencuci wajah itu apa ya mbak?

    makasih bnyak ya mbaak .. :D

  15. pesakit said,

    August 31, 2010 at 10:28 pm

    assalam..
    sy mempunyi masaalah kulit…kulit saya ada luka-luka…dia akn bertompok bulat..seperti berjerawat..dulu bnda nie d bhagian lengan saja..tp skg dah ada di merata-rata..kuka nya akn berair dan miang…sudah 3 taun sy menangung masaalah kulit ni..bermacam-macam klinik sy sudah pergi..tp xde apa2 effect pon..bagaimana saya dpt mengatasi masaalah ini?

  16. Woelan Cywol said,

    July 5, 2011 at 10:39 pm

    hallo, kulitku ini kering, tapi juga berpori2 besar n berjerawat. ini termasuk jenis kulit apa ya??

    yang paling susah saya sering mencoba berbagai macam kosmetik, tetapi tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan kulit saya, wajah saya tetap kusam.

    mohon bantuannya..

  17. avatar said,

    July 22, 2011 at 3:38 am

    mba saya bermasalah dengan jerawat dan bekas jerawat atau bekas luka di wajah, terutama di pipi.
    seringkali bekas jerawat d bagian kening tidak berbekas tapi bekas jerawat di daerah wajah lainnya terutama di pipi susah hilang dan menghitam. bagaimana ya solusi nya? padahal krim pnghilang noda jerawat sudah saya coba.
    thx

  18. ritian said,

    August 23, 2011 at 3:02 pm

    baguss tuh., jadi aku skarg dah tau jenis kulit ku.

  19. bela said,

    September 3, 2011 at 8:10 am

    ass . mbak
    jenis kulit saya sepertnya kering, kusam , tapi berminyak ,
    kalo telat cuci muka sehari ajaa pasti besoknya timbul jerawat ..
    saya udah bnyak coba produk – produk untuk mengatasinya tapi kebanyakan ga cocok
    .. trus bnyak jerawat kecilkecil kalo diobiarin tuh jadoi membesar
    gimana ya mbak cara ngatasi jerawatnya ? tapi kalo saya pake produkproduknya tu malah jadi parah ,, saya bingung mbak kalo di biarin malah makin banyak tapi kalo dicegah pake produkproduk kulit mukanya makin parah juga

  20. Oman said,

    October 2, 2011 at 3:20 am

    Salam Super
    gene aQ (21th) punya masalah rambut ne dulu aQ terlalu kasar terhdp Rambut aQ jd tiap keramas hampr Sehari 3kali dan setiap keramas terkadang aQ diemin ampek lebih dr 5Menit, jadi Akibatnya Sekarg aQ jarang cocok dg tiap Shampo dan Produk Perwtan rambut lainnya, Kulit rambut terasa kering, berketombe, keluar rambut putih, kusam dan tak lepas dari rontok serta penipisan rambut. Sekarg aQ Mau Bertaubat, Aq sekarg uda menggunakan Shampo herbal aja tapi ya gitu kalaw g dikeramas 1hr aja rambut terasa kering, gatal, dan timbul benjolan ketombe (Penumpukan ketombe) jd solusi yg aQ lakukan, aQ keramas bisa setiap hari namun ampek sekarg belum ada hasil yg melegakan.

    jadi Tlng bg All Member yg punya jawaban tips, saran dan masukan bisa disharingkan. karena jawaban temen2 merupakan Obat yg Luar biasa pada aQ yg terkena masalah ini….

    Ok teriema kasih dan semoga Tuhan membalas kebaikan kalian…:)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: