RESEP LULUR BERAS – KUNYIT

Siapa bilang beras hanya bisa dimakan. Ternyata lebih dari itu, beras sangat bermanfaat untuk merawat kehalusan kulit. Serat kasar dari tepung beras ternyata mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga beras dapat digunakan sebagai lulur tubuh.

Nah, kali ini saya ingin berbagi resep lulur yang terbuat dari bahan dasar tepung beras. Sangat sederhana dan dapat anda lakukan sendiri di rumah.

Bahan-bahan :

1 kg temugiring

1 kg kunyit

1 ltr air putih

1 ons tepung beras

Cara Membuat :

Kupaslah temugiring dan kunyit. Lalu parut hingga benar-benar halus. Campur dengan 1 liter air dan peraslah. Endapkan selama kurang lebih 2 jam. Kemudian pisahkan air dengan endapannya. Buanglah airnya dan gunakan endapannya untuk dicampurkan secara merata dengan tepung beras. Jemurlah adonan tersebut dibawah terik matahari hingga kering sempuna. Jika perlu ovenlah sebentar dengan suhu 50 derajat celcius. Setelah benar-benar kering, ayak dan sangrai. Lalu simpan di tempat yang kering.

Cara Menggunakan :

Ambil secukupnya (kurang lebih 4 sendok makan) lulur scrub beras tadi. Campur dengan air mawar secukupnya. Atau jika tidak ada air mawar, maka cukup gunakan air putih biasa yang benar-benar bersih bening. Aplikasikan ke seluruh tubuh secara merata yang sebelumnya telah mandi bersih. Tunggu beberapa saat hingga setengah mengering. Lalu gosong-gosoklah sambil dipijat-pijat ringan. Dengan demikian, bukan hanya sel-sel kulit mati yang terkelupas, tetapi peredaran darah pun menjadi lancar. Setelah itu barulah dibilas hingga bersih.

Gunakan seminggu sekali. Dan jangan lupa selalu gunakan pelembab atau body cream setiap kali selesai berlulur.

Selamat Mencoba !

14 Comments

  1. dyah rindu said,

    February 12, 2009 at 4:02 am

    mohon info pembuatan tepung beras sebagai bahan dasar lulur
    thx

  2. HawwakuSpa said,

    February 15, 2009 at 3:09 am

    pembuatan tepung beras itu gampang2 susah.
    jadi saya sarankan sebaiknya anda beli jadi saja.
    lebih aman dan tidak khawatir berjamur.
    anda bisa membeli tepung beras kemasan yang banyak beredar di pasaran.

  3. momo said,

    July 5, 2009 at 8:39 pm

    kalau saya berencana bikin lulur dan saya kemas,apakah perlu tambahan pengawet?
    saya berenacana membuat lulur yg uda siap pake,bukan bentuk bubuk..tp krim..
    tolong saya di pandu untuk bahan2 nya yah..makasiii ^^
    tolong repp di email saya ^^
    thx a lot

  4. Cytee said,

    July 14, 2009 at 11:19 am

    Dear Mbak…

    Aku ingin belajar membuat lulur dari bahan alami untuk dipasarkan .. dan memiliki kualitas yang bagus.. bolehkah saya meminta resep / tipsnya / ada buku panduan yang bisa saya beli untuk dibaca.. terimaksin

  5. August 1, 2009 at 6:07 pm

    waduh koq ga di bales mba..

  6. kak has said,

    August 16, 2009 at 1:31 pm

    salam mbak,

    saya ingin membuat lulur yang bagus untuk dipasarkan, boleh bagi resepinya. dan yang paling penting, bahan2 yang perlu ada agar boleh tahan lama. saya ingin mencoba untuk membuat lulur bentuk bubuk dulu. jika tidak keberatan boleh tolong bagi resepi untuk lulur kopi dan juga mandi susu. tolong reply ke emel saya. harap dapat membantu. terima kasih.

  7. mel said,

    November 23, 2009 at 1:30 pm

    bgmana jk sy ingin mencampurkan essential oil dlm lulur bubuk? pada tahap apa bisa dimasukkan? bgmana jk pakai fragrance apa aman dipakai?

  8. nani said,

    January 28, 2010 at 2:49 am

    gmn klo tidak pake temugiring ,,,,,,?

  9. dee said,

    April 21, 2010 at 10:39 am

    kuningnya kunyit sukar hlang yah… ada saran?

  10. dee said,

    April 21, 2010 at 10:40 am

    bisa gak untuk masker kunyit? Tapi kuningnya susah hilang gimana? ada saran?

  11. Ulfa said,

    June 25, 2010 at 2:50 am

    Mbak ,, aq mau donk resep mandi susu …
    jadi aq bs lbh gampang ngerawat diri drumah ..
    Hehee …
    Makasi y mbak …

  12. karina said,

    December 11, 2010 at 3:54 pm

    halo…saya mohon izin untuk menambah artikel tentang manfaat lulur ini ke blog saya agar bisa menambah pengetahuan teman-teman sekalian,boleh mba ?
    terima kasih banyak .^^

  13. galuh said,

    June 12, 2011 at 11:39 pm

    mau tanya mba, buat pewangi lulur kalo kita buat lulur sendiri, pakenya apa, dan gimana caranya? aku biasa bikin lulur buat dipake di salonku, tapi yang bikin langsung pake. atau yang disangrai dulu, giling, ayak, terus pake. buat 1 bulan.

  14. anastasya said,

    March 25, 2012 at 7:44 am

    makasih infonya :)


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

