Cara Luluran

Beberapa orang bertanya, “Gimana sih mbak, cara luluran yang benar?”

Ketika saya balik bertanya kepada orang-orang itu tentang bagaimana step by step mereka ketika berlulur, kebanyakan dari mereka melakukannya dalam keadaan kulit masih kering. Dan apakah anda juga begitu?

Jika benar, berhati-hatilah! Terutama bagi anda yang kulitnya sensitive. Karena akan dengan mudah tergores atau bahkan iritasi akibat butiran scrub agent yang mungkin agak kasar. Nanti yang terjadi bukannya kulit mulus, melainkan kulit kemerahan dengan sedikit luka kecil-kecil yang perih.

Nah, untuk menghindari hal itu, coba anda lakukan step by step berikut ini :

Pertama, mandi dulu seperti biasa. Lebih bagus lagi jika menggunakan sabun anti septik. Agar kuman-kuman mati dan kotoran serta yang keringat yang menempel di kulit menjadi hilang. Hal ini dimaksudkan agar zat aktif dari lulur yang akan kita aplikasikan ke kulit dapat terserap maksimal oleh pori-pori kulit kita. Sehingga khasiatnya benar-benar kita peroleh.

Kedua, keringkan tubuh dengan handuk bersih. Dalam keadaan kulit masih lembab demikianlah lulur tersebut kita balurkan secara merata ke seluruh bagian kulit kita. Bahkan di daerah lipatan-lipatan, seperti leher belakang, ketiak, lipatan lengan, lipatan paha dan lipatan belakang lutut. Juga di daerah kaki yang paling sering terkena debu-debu dan kotoran lain. Gosok-gosokkan lulur secara perlahan sambil dipijat-pijat ringan untuk melancarkan peredaran darah. Dan untuk daerah yang dirasa sangat kasar seperti tumit kaki, anda bisa menggunakan bantuan batu gosok atau spon kasar. Bisa juga manfaatkan alat-alat pedicure jika anda memilikinya.

oya, Lulur Scrub dengan Lulur Masker Tubuh adalah berbeda. Jika Lulur Scrub terasa kasar dan memang untuk mengikis sel kulit mati. Sedangkan Lulur Masker Tubuh lebih berfungsi untuk menutrisi kulit dengan kandungan zat aktifnya, seperti susu, coklat atau pun rumput laut. Kalau Lulur Scrub penggunaannya harus digosok-gosok. Maka untuk Lulur Masker Tubuh hanya didiamkan saja hingga mengering sempurna agar zat-zat aktifnya dapat terserap oleh kulit untuk kemudian menutrisinya.
Ketiga, setelah dirasa semua bagian kulit telah digosok dengan lulur scrub atau jika lulur masker tubuh anda telah mengering sempuna, maka bersihkan lulur yang menempel di tubuh anda dengan menggunakan tangan anda terlebih dahulu. Pastikan semuanya telah rontok! Baru kemudian mandilah seperti biasa. Akan lebih bagus lagi jika anda menggunakan beauty soap yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit anda.

Keempat, keringkan tubuh dengan sempurna. Pastikan tidak ada satu bagian kulit pun yang masih basah! Lalu wajib bagi anda untuk menggunakan pelembab kulit atau body lotion begitu selesai berlulur.

Coba anda terapkan secara teratur setidaknya seminggu sekali. Dan lihatlah hasilnya………! Anda akan takjub dengan kelembutan kulit anda. Kulit anda akan tampak sehat dan bening bercahaya.

Selamat mencoba !

Advertisements

Stop Produk Pemutih Kulit !

Sejak beberapa dekade yang lalu, dunia kecantikan sibuk mempropagandakan produk pemutih kulit. Paradigma mengenai kecantikan cenderung diidentikkan dengan kulit yang putih. Akibatnya para wanita gencar berburu produk pemutih kulit.

Padahal tahukah anda cara kerja produk-produk tersebut terhadap kulit kita ?

Produk pemutih yang menjanjikan putih dengan cepat (instan) sistem kerjanya adalah ‘bleaching’ atau pengelupasan. Memang, mengelupas sel-sel kulit mati adalah sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Agar terjadi regenerasi sel dan tidak menutupi pori-porinya. Namun, jika lapisan kulit ari terus menerus dikelupas yang terjadi justru membahayakan. Mengapa demikian ?

Kita yang hidup di daerah tropis setiap hari mendapat sengatan sinar matahari yang cukup banyak. Padahal terdapat sinar UV atau Ultra Violet di dalam sinar matahari. Sinar UV adalah musuh utama kecantikan. Karena pengaruh sinar UV pada kulit adalah mampu mematikan sel-sel kulit dan menyebabkan DNA tidak berfungsi dengan baik, sehingga menimbulkan warna kulit tidak sama (vlek hitam), kerut dan tekstur kulit tidak merata. Bahkan bisa berujung pada timbulnya penyakit kanker kulit.

Sementara itu, warna kulit warga daerah tropis cenderung mengarah pada warna kuning langsat, coklat muda atau sawo matang, bahkan agak hitam. Hal itu adalah sebagai implikasi dari banyaknya jumlah sel melanosit (baca melanin) yang dihasilkan oleh kulit kita. Dan itu sangat penting. Karena fungsinya adalah sebagai tameng kulit kita terhadap serangan sinar UV. Jika melanin itu dihambat produktifitasnya atau bahkan dirusak sel-selnya, maka yang akan terjadi adalah kulit kita kehilangan perlindungan dari bahaya sinar UV yang merusak. Oleh karenanya, setiap produk pemutih kulit selalu disertai larangan untuk terpapar sinar matahari langsung. Benar bukan ?

Lalu pertanyaannya sekarang, apakah sesuatu yang membahayakan kesehatan dan kecantikan alami kulit kita layak untuk diperjuangkan? Haruskah kita membuang uang untuk produk bleaching, suntik pemutih atau whitening injection, bahkan sampai operasi plastik? Padahal kita tahu persis bahayanya!

Sebenarnya yang terpenting adalah kita merawat kulit dengan menjaga kebersihannya, memberi asupan nutrisi baik dari dalam yakni pemenuhan gizi melalui makanan & minuman, serta dari luar dengan lulur, masker dan produk perawatan kulit yang mengandung tabir surya.

Karena itulah HawwakuSpa mengajak anda untuk….. ‘CANTIKLAH SEBAGAI DIRIMU’.

Apa pun jenis dan warna kulit anda, jangan pernah berusaha mengubahnya. Kita hanya perlu merawatnya. Dan lihatlah kecantikan alaminya akan terpancar !

baca juga artikel yang berhubungan : http://www.hawwakuspa.info/?p=9

Sebel Jerawat di Punggung

HawS’ers….

Beberapa hari yang lalu saya coba angkat suatu permasalahan temen kita ke sebuah milist. Saat ini, saya ingin juga menampilkannya buat rekan-rekan setia HawwakuSpa (HawS’ers). Dengan harapan bisa jadi masukan buat HawS’ers lain yang mungkin juga tengah mengalami masalah yang sama.

Saya copy-kan tulisan saya pada milist tersebut di bawah ini :

Dear All……….

Beberapa hari yang lalu saya menerima comment di blog saya.
Sekedar info, blog saya memang mengupas seputar perihal kecantikan.

Comment itu ditulis oleh Tina.
Dia saat ini tengah dipusingkan dengan masalah jerawatnya yang bukan hanya di wajah, melainkan juga sampai ke dada dan punggung.

Setelah membaca comment itu, saya berdiskusi dengan kakak saya.
Dan ternyata ada beberapa orang yang kami kenal juga mengalami hal serupa.
Saya juga yakin di luar sana masih banyak lagi orang yang juga mengalaminya.
Karena itu lantas saya mencoba memberi support ke Tina. Saya katakan pada Tina bahwa dia tidak perlu stres, karena dia bukan satu2nya orang di dunia ini yang mengalami masalah itu.

Saya pun memberinya tips2 untuk mengatasi masalah jerawatnya.
Dan saat ini saya juga ingin membaginya untuk rekan2 ‘hanyawanita’ di mana pun anda. Siapa tahu bisa bermanfaat juga buat anda.

Yang harus dilakukan untuk mengatasi jerawat adalah :

Pertama,

Disiplin dalam menjaga kebersihan kulit.
Hal ini termasuk juga rajin mandi. Segeralah mandi begitu bangun tidur atau setelah beraktifitas, terutama yang menguras keringat.
Juga rajin berganti pakaian. Terutama pakaian dalam yang seringkali menjadi pemicu timbulnya jerawat di bagian dada dan punggung.
Gunakan pakaian dalam dengan bahan katun atau yang menyerap keringat.
Sedang untuk kulit wajah, gunakan produk yang sesuai untuk jenis kulit berminyak. Rajinlah membersihkan wajah anda setiap kali sebelum tidur, bangun tidur, setelah beraktifitas dan setelah bermake-up.

Kedua,
Hindari melakukan aktifitas yang terlalu berkeringat.
Termasuk di dalamnya adalah makan makanan sangat pedas, olah raga berlebihan dan di bawah terik matahari.

Ketiga,
Hindari stres.
Selain faktor genetik, jerawat bisa juga disebabkan oleh faktor hormonal.
Karena itu jerawat sering muncul saat menstruasi atau ketika sedang stres memikirkan sesuatu. Cobalah menghindari pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi.
Jika pekerjaan anda memang demikian, maka cobalah untuk meluangkan waktu khusus untuk relaksasi tubuh dan pikiran.
Lakukan yoga, meditasi atau aromatherapy yang dapat mengendurkan urat syaat anda. Lakukan setiap kali anda mulai merasa stres.
Dan bagi anda yang mempunyai masalah pribadi, cobalah sharing dengan orang yang anda percaya. Jangan memendamnya sendiri.

Keempat,
hindari pencetus alergi.
Jika kulit anda berjerawat karena sensitif terhadap suatu kondisi, maka berusahalah berdisplin untuk menghindari pencetusnya.
Misalnya, alergi terhadap makanan tertentu, maka jangan sekali-kali memakannya. Sekali pun hanya mencicipi.
Atau alergi terhadap perubahan cuaca. Maka gunakan pelindung kulit yang ektra proteksi. Tentu saja yang khusus kulit berjerawat.
Atau pun peka terhadap jenis kosmetik tertentu. Biasakan untuk membaca ‘ingredient’ (komposisi) produk kosmetik sebelum memakainya.
Jika ada ketidak cocokan produk, maka dapat dianalisa penyebabnya.
Mungkin anda alergi terhadap zat tertentu dalam komposisi produk tersebut.
Atau jika anda alergi terhadap debu, maka gunakan sapu tangan untuk menutupi wajah anda setiap kali melewati area berdebu.

Sekali pun tampaknya simple, namun keempat tips ini jangan diremehkan. Karena memang sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit anda.
Cobalah berdisiplin untuk menerapkannya !

Dan bagi rekan2 member ‘hanyawanita’ apabila anda memiliki tips, saran, informasi atau pun cerita pengalaman seputar mengatasi jerawat membandel, boleh anda kirimkan ke email saya…………….. hawwakuspa@yahoo.com
Tips2 anda akan saya posting di blog saya dengan nama anda.
Saya yakin akan sangat bermanfaat untuk banyak orang.
Mari kita berbagi……….!

with Love,

‘Miedha’ at www.hawwakuspa.wordpress.com

Ternyata beberapa hari kemudian, saya menerima e-mail dari seseorang yang menyebut dirinya ‘nhakim’. Dia pun mengalami masalah serupa dengan tina. Karenanya dia juga ingin berbagi tips dengan kita. Dan berikut adalah tulusannya :

nhakim2004@yahoo.com wrote:

Beberapa saat lalu aku pernah sgt terganggu dgn jerawat di punggung. Pdhl di muka mulus sekali. Jd kl org2 ke salon utk facial, aku backial kali yah.

Skrg sdh tidak lagi, pdhl itu sempat mengganggu bertahun2. Stl aku perhatiin, memang bagian punggung adalah bagian yg paling sulit dibersihkan kalo mandi. Dari sabunan, sampe handukan. Kalo sabunan, asal aja, kalo handukan, mgkn kadang tdk 100% kering. Nah, sejak aku mulai perhatikan hal ini, mulai berkurang, hingga skrg sdh gak jerawatan punggung lagi.

Sent from my BlackBerry® wireless device

Dan buat HawS’ers yang laen juga boleh nimbrung kok. Klo punya pengalaman seputar mengatasi jerawat, kirim aja e-mail ke hawwakuspa@yahoo.com

Saya akan muat di blog ini atas nama anda.

Mari kita berbagi………………….!!

with Love,

Miedha at HawwakuSpa

klik juga di bawah ini :

https://hawwakuspa.wordpress.com/2008/02/29/masker-wajah-timun-jeruk-nipis/

Atasi Vlek dengan Asam Jawa

Vlek hitam merupakan salah satu gangguan kulit yang cukup meresahkan. Karena membuat penampilan wajah jadi kurang menarik.

Namun, anda tidak perlu risau lagi. Coba terapkan resep berikut ini :

Hancurkan asam jawa yang telah matang. Tambahkan minyak zaitun murni secukupnya agar efek perih di wajah tidak terlalu terasa. usapkan pada wajah sebagai masker. tunggu beberapa menit, biarkan meresap. Lalu bilas dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Dan setelahnya, guyur dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit.

Lakukan 3 kali seminggu sampai bekas-bekas vlek menghilang.

Selamat Mencoba ! Dan tunggu tips-tips berikutnya.

Klik ! Lalu baca juga di bawah ini :

https://hawwakuspa.wordpress.com/2008/02/10/no-whitening-no-cancer/

MENGENAL JENIS KULIT

 

Kulit merupakan organ tubuh terluar yang kita miliki. Yang membatasi organ tubuh kita dengan dunia luar. Yang melindunginya dari gangguan factor eksternal tubuh kita. Karenanya peranan kulit sangatlah penting. Dan menjadi sebuah keharusan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Namun untuk melakukan perawatan terhadap kulit kita, maka terlabih dahulu kita harus mengenal jenis kulit kita. Karena penanganan terhadap setiap jenis kulit tidak bisa disama ratakan. Setiap jenis kulit memiliki kebutuhannya masing-masing. Yang tentu saja sangat berlainan satu sama lain.

Ada beberapa jenis kulit yang umum kita kenal. Yakni : jenis kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit sensitif dan kulit normal. Sekali pun jenis kulit yang kita miliki erat kaitannya dengan factor genetic, namun bisa juga keadaan kulit kita tersebut terjadi akibat penanganan yang kurang tepat. Misalnya, jenis kulit kering yang dikarenakan terlalu sering menggunakan sabun antiseptic.

Kulit Kering
Kulit kering biasanya dimiliki oleh mereka yang memiliki bakat alergi. Dengan gejala yang sering tampak adalah : kulit tampak kusam karena sering mengalami dehidrasi kulit; jika digores akan tampak bekas putih yang menandakan kulit bersisik; terkadang pada sebagian orang akan terlihat ada belang putih dan coklat; serta cepat timbul garis-garis keriput.

Kulit Berminyak
Jenis kulit ini biasanya memiliki pori-pori kulit yang besar-besar seperti kulit jeruk. Sehingga minyak kulit kita menjadi mudah keluar. Membuat kulit kelihatan lengket dan riasan mudah luntur. Jika kulit tidak senantiasa bersih, maka akan menimbulkan jerawat.

Gejala yang dapat dikenali adalah : kulit terasa sangat lengket; tampak begitu berminyak; adanya banyak komedo (bisa sampai menghitam); timbul jerawat bernanah sebagai akibat jerawat sering dipencet; serta nampak noda kecoklatan di dalam kulit akibat pigmen yang tertimbun di lapisan kulit jangat.

Kulit Kombinasi
Secara umum dapat dilihat bahwa jenis kulit ini tampaknya lembut dan tidak keriput. Namun di daerah T, yaitu sekitar dahi-hidung-dagu akan terlihat sedikit berminyak. Terkadang muncul jerawat atau komedo yang berupa bintil putih di dagu dan bintil hitam di hidung.. Pori-pori juga agak besar.

Kulit Sensitif
Jenis kulit ini sangat peka terhadap rangsangan factor luar. Misalnya perubahan cuaca bisa mengakibatkan kulitnya pecah-pecah, memerah dan perih. Kesalahan penggunaan kosmetik akan memperparah kondisi kulit tersebut. Biasanya jenis kulit ini memang telah memiliki riwayat alergi.

Kulit Normal
Merupakan dambaan setiap orang memiliki jenis kulit normal dan tidak bermasalah. Keadaan kulit dengan jenis ini sangat ideal, tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak pula. Pori-porinya halus, tampak begitu lembut dan kenyal. Tanpa riasan sekali pun, kulit ini sudah terlihat indah.

Nah, dari sekian jenis kulit di atas, manakah yang paling mendekati dengan keadaan jenis kulit anda ?