Sebel Jerawat di Punggung

HawS’ers….

Beberapa hari yang lalu saya coba angkat suatu permasalahan temen kita ke sebuah milist. Saat ini, saya ingin juga menampilkannya buat rekan-rekan setia HawwakuSpa (HawS’ers). Dengan harapan bisa jadi masukan buat HawS’ers lain yang mungkin juga tengah mengalami masalah yang sama.

Saya copy-kan tulisan saya pada milist tersebut di bawah ini :

Dear All……….

Beberapa hari yang lalu saya menerima comment di blog saya.
Sekedar info, blog saya memang mengupas seputar perihal kecantikan.

Comment itu ditulis oleh Tina.
Dia saat ini tengah dipusingkan dengan masalah jerawatnya yang bukan hanya di wajah, melainkan juga sampai ke dada dan punggung.

Setelah membaca comment itu, saya berdiskusi dengan kakak saya.
Dan ternyata ada beberapa orang yang kami kenal juga mengalami hal serupa.
Saya juga yakin di luar sana masih banyak lagi orang yang juga mengalaminya.
Karena itu lantas saya mencoba memberi support ke Tina. Saya katakan pada Tina bahwa dia tidak perlu stres, karena dia bukan satu2nya orang di dunia ini yang mengalami masalah itu.

Saya pun memberinya tips2 untuk mengatasi masalah jerawatnya.
Dan saat ini saya juga ingin membaginya untuk rekan2 ‘hanyawanita’ di mana pun anda. Siapa tahu bisa bermanfaat juga buat anda.

Yang harus dilakukan untuk mengatasi jerawat adalah :

Pertama,

Disiplin dalam menjaga kebersihan kulit.
Hal ini termasuk juga rajin mandi. Segeralah mandi begitu bangun tidur atau setelah beraktifitas, terutama yang menguras keringat.
Juga rajin berganti pakaian. Terutama pakaian dalam yang seringkali menjadi pemicu timbulnya jerawat di bagian dada dan punggung.
Gunakan pakaian dalam dengan bahan katun atau yang menyerap keringat.
Sedang untuk kulit wajah, gunakan produk yang sesuai untuk jenis kulit berminyak. Rajinlah membersihkan wajah anda setiap kali sebelum tidur, bangun tidur, setelah beraktifitas dan setelah bermake-up.

Kedua,
Hindari melakukan aktifitas yang terlalu berkeringat.
Termasuk di dalamnya adalah makan makanan sangat pedas, olah raga berlebihan dan di bawah terik matahari.

Ketiga,
Hindari stres.
Selain faktor genetik, jerawat bisa juga disebabkan oleh faktor hormonal.
Karena itu jerawat sering muncul saat menstruasi atau ketika sedang stres memikirkan sesuatu. Cobalah menghindari pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi.
Jika pekerjaan anda memang demikian, maka cobalah untuk meluangkan waktu khusus untuk relaksasi tubuh dan pikiran.
Lakukan yoga, meditasi atau aromatherapy yang dapat mengendurkan urat syaat anda. Lakukan setiap kali anda mulai merasa stres.
Dan bagi anda yang mempunyai masalah pribadi, cobalah sharing dengan orang yang anda percaya. Jangan memendamnya sendiri.

Keempat,
hindari pencetus alergi.
Jika kulit anda berjerawat karena sensitif terhadap suatu kondisi, maka berusahalah berdisplin untuk menghindari pencetusnya.
Misalnya, alergi terhadap makanan tertentu, maka jangan sekali-kali memakannya. Sekali pun hanya mencicipi.
Atau alergi terhadap perubahan cuaca. Maka gunakan pelindung kulit yang ektra proteksi. Tentu saja yang khusus kulit berjerawat.
Atau pun peka terhadap jenis kosmetik tertentu. Biasakan untuk membaca ‘ingredient’ (komposisi) produk kosmetik sebelum memakainya.
Jika ada ketidak cocokan produk, maka dapat dianalisa penyebabnya.
Mungkin anda alergi terhadap zat tertentu dalam komposisi produk tersebut.
Atau jika anda alergi terhadap debu, maka gunakan sapu tangan untuk menutupi wajah anda setiap kali melewati area berdebu.

Sekali pun tampaknya simple, namun keempat tips ini jangan diremehkan. Karena memang sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit anda.
Cobalah berdisiplin untuk menerapkannya !

Dan bagi rekan2 member ‘hanyawanita’ apabila anda memiliki tips, saran, informasi atau pun cerita pengalaman seputar mengatasi jerawat membandel, boleh anda kirimkan ke email saya…………….. hawwakuspa@yahoo.com
Tips2 anda akan saya posting di blog saya dengan nama anda.
Saya yakin akan sangat bermanfaat untuk banyak orang.
Mari kita berbagi……….!

with Love,

‘Miedha’ at www.hawwakuspa.wordpress.com

Ternyata beberapa hari kemudian, saya menerima e-mail dari seseorang yang menyebut dirinya ‘nhakim’. Dia pun mengalami masalah serupa dengan tina. Karenanya dia juga ingin berbagi tips dengan kita. Dan berikut adalah tulusannya :

nhakim2004@yahoo.com wrote:

Beberapa saat lalu aku pernah sgt terganggu dgn jerawat di punggung. Pdhl di muka mulus sekali. Jd kl org2 ke salon utk facial, aku backial kali yah.

Skrg sdh tidak lagi, pdhl itu sempat mengganggu bertahun2. Stl aku perhatiin, memang bagian punggung adalah bagian yg paling sulit dibersihkan kalo mandi. Dari sabunan, sampe handukan. Kalo sabunan, asal aja, kalo handukan, mgkn kadang tdk 100% kering. Nah, sejak aku mulai perhatikan hal ini, mulai berkurang, hingga skrg sdh gak jerawatan punggung lagi.

Sent from my BlackBerry® wireless device

Dan buat HawS’ers yang laen juga boleh nimbrung kok. Klo punya pengalaman seputar mengatasi jerawat, kirim aja e-mail ke hawwakuspa@yahoo.com

Saya akan muat di blog ini atas nama anda.

Mari kita berbagi………………….!!

with Love,

Miedha at HawwakuSpa

klik juga di bawah ini :

https://hawwakuspa.wordpress.com/2008/02/29/masker-wajah-timun-jeruk-nipis/

9 Comments

  1. rosi said,

    March 18, 2008 at 4:21 am

    waahhh……….makasih banget tips2nya.
    coz aku juga dah bertaon-taon ngalamin itu.
    akan aku coba terapin.

  2. rieka said,

    March 18, 2008 at 4:23 am

    kadang2 di punggungku juga ada.
    ga sering2 amat sih, cuma kadang2 aja
    tapi tetep aja bikin bete !

    tipsnya boleh dicoba tuh.
    untung buka blog ini. he2
    thanx ya…….

  3. nickolas said,

    March 24, 2008 at 7:25 am

    Trus ada saran ngga masker atau lulur yang bisa mengurangi bekas jerawat dan pori2 kulit yang besar di punggung ???
    Karena walaupun jerawat di punggung sudah hilang, pori2 kulit di punggung cenderung besar dan kasar. Apakah hal ini ada solusinya??
    Thank u

  4. HawwakuSpa said,

    May 5, 2008 at 9:38 am

    coba aja pake lulur rumput laut buat mengecilkan pori2 kulit.
    kalo bekas jerawat coba pake masker susu & tomat.

    selamat mencoba, nicko !

  5. heka said,

    August 14, 2009 at 6:52 pm

    please help me,,,, .muka ku alhmdulilah bersih dr jrawat, tp yg bikin serem punggungku,oh no !!kebetulan adik ku jg sama maslhny,dan mama bilang turunan dr papa (tmsk papaku sndiri) dipunggungnya pasti berjerawat,kulit putih tp punggung bjerawat,memangnya ada faktor keturunan jg ya??? trus I need solution donk, krn rncananya 3bln kedepan aku mua merrid (dan pake dodotan-baju adat solo basahan),aku hrs terapi apa ya,utk menghilangkan bekas jrwt dipunggung dan jrwt&lemak2 dipunggung, aku org yg mudah bkeringat,kalo ada jamu/ramuan/lulur apa yg terbaik utk masalah ku ini ?? ok trimksh- heka-26thn

  6. henrysaksono said,

    November 14, 2009 at 9:12 am

    tipnya.stlah guyuran diamin 2-3 mnt lalu gosok dengan handuk yang agk basah selam 3-5 mnt,kmudian guyur lagi baru pake sabun mandi apa aja.insyaallah akan hilang dgn sendirinya, Jangan lupa ibadah yang rajin,buat apa kulit punggung mulusa tapi ibadahnya brantakan.salam bravo

  7. andrean said,

    August 7, 2010 at 6:01 am

    hmm mengenai soal jerawat di punggung gampang sekali kok solusinya. coba saja pungguhnya ditanggalkan terus di rendem selama seminggu.. jika masih belum bisa paling gampang ganti saja punggungnya dengan yang bersih.. gampang kannn hahaha

  8. enterwati said,

    August 7, 2010 at 6:03 am

    andrean.. ada ada aja.. mana ada punggung ditanggalkan.. kalau menurut saya sich dibalik aja punggungnya .. atau diputar gitu.. punggung dipake in ke dada.. jadi kalau nyabunin gampang.. simpel dan bermanfaat

  9. Dimas said,

    September 12, 2010 at 3:58 am

    sialan,, smpe skrg aq msh ada T_T


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: